Mengenal Salah Satu Model Asesmen Autentik, Metode Poster Session

 


Metode poster session adalah metode pembelajaran presentasi alternatif yang merupakan sebuah cara yang tepat untuk menginformasikan kepada peserta didik secara cepat, menangkap imajinasi mereka, dan mengundang pertukaran ide di antara mereka. Poster session juga disebutkan sebagai sebuah cara cerita dan gambar yang memungkinkan peserta didik mengekspresikan persepsi dan perasaan mereka tentang topik yang sekarang sedang didiskusikan. Strategi ini biasa disebut dengan strategi gallery session/poster session. Penggunaan strategi ini diantaranya ditujukan untuk melatih kemampuan siswa dalam memahami isi sebuah bacaan kemudian mampu untuk memvisualisasikannya dalam bentuk gambar. Jadi strategi poster session merupakan sebuah strategi kooperatif yang menggabungkan teks dan gambar untuk memperoleh informasi secara cepat sekaligus dapat mengembangkan daya kreatifitas siswa dalam memvisualisasikan teks dalam bentuk gambar dan dari gambar tersebut diharapkan semua siswa dapat menghafalkan isi bacaan secara mudah dan ingatan siswa terhadap bacaan tersebut dapat bertahan lama.

Strategi ini bisa bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkat usia anak didik. Dalam kegiatan ini, masing-masing kelompok mendapatkan kesempatan untuk memamerkan hasil kerja mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain. Poster tidak saja penting untuk menyampaikan kesan-kesan tertentu tetapi mampu pula untuk mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya. Poster berfungsi untuk mempengaruhi siswa dalam proses belajar mengajar untuk menyayangi lingkungan dapat dituangkan lewat poster.

a.     Langkah-langkah Metode Poster Session

Adapun langkah-langkah pembelajaran metode poster session adalah sebagai berikut:

·       Mintalah setiap peserta didik menyeleksi sebuah topik materi pelajaran yang sedang didiskusikan atau dipelajari.

·       Mintalah peserta didik mempersiapkan gambaran visual konsep tentang materi mereka pada sebuah kertas poster. Isi kertas poster tersebut harus jelas, agar siswa dapat dengan mudah memahami tanpa penjelasan tertulis atau lisan. Akan tetapi, peserta didik boleh saja memilih mempersiapkan satu halaman hand-out untuk mendampingi poster yang menerangkan lebih detil dan menayangkan bacaan lanjut.

·       Selama sesi kelas berlangsung, mintalah peserta didik memasang gambaran presentasi mereka, dan siswa lain dengan bebas berkeliling di ruangan memandang serta mendiskusikan poster yang lain.

Poster dapat dibuat di atas kertas, kain, batang kayu, dan semacamnya. Pemasangannya bisa di kelas, di luar kelas, dipohon, di tepi jalan, dan di majalah. Ukurannya bermacam-macam,tergantung kebutuhan. Namun secara umum, poster yang baik hendaklah :

1) Sederhana

2) Menyajikan satu ide dan untuk mencapai satu tujuan pokok

3) Berwarna

4) Slogannya ringkas

5) Tulisannya jelas

6) Motif dan desain bervariasi.

Karakter Poster adalah :

1) Berupa suatu lukisan atau gambar.

2) Menyampaikan suatu pesan, atau ide tertentu.

3) Memberikan kesan yang luas atau menarik perhatian.

4) Menangkap penglihatan dengan saksama terhadap orang- orang yang melihatnya.

5) Menarik dan memusatkan perhatian orang yang melihatnya.

6) Menggunakan ide dan maksud melalui fakta yang tampak.

7) Merangsang orang yang melihat untuk ingin melaksanakan maksud poster.

8) Berani, langsung, dinamis dan menimbulkan kejutan

9) Ilustrasi tidak perlu banyak menarik dan mudah dimengerti.

10) Teks ringkas, jelas dan bermakna.

11) Ilustrasi dan tulisan harus ada keseimbangan.

12) Dalam rangka simbol visual, kata dan lukisan harus membawa ide tertentu.

13) Dapat dibaca dalam waktu yang singkat.

14) Warna dan gambar harus kontras dengan warna dasar.

15) Sederhana tetapi mempunyai daya tarik dan daya guna yang maksimal.

b.     Kelebihan dan Tantanga Metode Poster Session

                 Kelebihan dari metode poster session adalah:

1)     Peserta didik tidak terlalu menggantungkan pada guru, akan tetapi dapat menambah kepercayaan kemampuan berfikir sendiri serta dapat belajar dari siswa lain secara berkelompok.

2)     Peserta didik aktif bertanya dan mencari informasi.

3)     Materi dapat diingat lebih lama.

4)     Kecerdasan peserta didik diasah pada saat peserta didik mencari informasi tentang materi tanpa bantuan guru.

5)     Mengembangkan kemampuan untuk menguji ide dan pemahaman siswa sendiri, serta menerima umpan balik.

6)     Meningkatkan kemampuan peserta didik menggunakan informasi dan mengubah materi pelajaran menjadi nyata (riil).

 Tantangan dari metode poster session adalah:

1)     Peserta didik yang memiliki kelebihan dalam belajar mereka akan merasa terhambat oleh peserta didik yang dianggap kurang memiliki kemampuan.

2)     Pelaksanaan metode harus dilakukan oleh pendidik yang kreatif, sedangkan tidak semua pendidik memiliki karakter tersebut.

3)     Pola pikir dan karakter peserta didik yang berbeda-beda

4)     Rubrik penilaian poster adalah alat yang digunakan untuk membuat penilaian yang obyektif dan terstruktur. Berikut adalah contoh rubrik penilaian poster yang dapat digunakan sebagai panduan.

Instrumen Penilaian

Unjuk kerja: Poster

Rubrik Penilaian Pembuatan Poster

Aspek/ Kriteria 

1

2

3

4

Isi 

Isi teks singkat, padat akan informasi jelas keterbacaannya.

Dua dari kriteria isi atau teks yang baik dipenuhi, sementara salah satu kriteria tidak dipenuhi

Hanya salah satu dari kriteria isi atau teks yang baik dipenuhi, sementara 2 kriteria tidak dipenuhi

Isi teks terlalu panjang kurang informasi tidak jelas keterbacaannya ( seluruh kriteria tidak terpenuhi)

Desain

Warna menarik ukuran elemen penyusun proporsional pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian ketiga kriteria terpenuhi

Dua dari kriteria desain yang baik dipenuhi sementara salah satu kriteria yang tidak dipenuhi

Hanya salah satu dari kriteria desain yang baik dipenuhi sementara 2 kriteria tidak dipenuhi

Warna ukuran elemen penyusun pusat perhatian tidak menunjukkan desain yang baik (seluruh kriteria tidak terpenuhi)

Gambar

Gambar menarik bermakna sebagai penyampaian pesan dan orisinil ketiga kriteria terpenuhi

Dua dari kriteria gambar yang baik dipenuhi sementara salah satu kriteria tidak dipenuhi

Hanya salah satu dari kriteria gambar yang baik dipenuhi sementara 2 kriteria tidak dipenuhi

Gambar tidak menarik tidak bermakna sebagai penyampaian pesan dan tidak original seluruh kriteria desain yang baik tidak terpenuhi

Tujuan 

Pesan sangat mudah ditangkap pembaca

Pesan cukup mudah ditangkap pembaca

Pesan sulit ditangkap pembaca

Pesan tidak dapat ditangkap pembaca

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal JANGKA SORONG Dan Cara menggunakan JANGKA SORONG

Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0